Selasa, 31 Januari 2012

Sahabat-Pena Az Zahra Mlonggo Jepara


Komunitas Sahabat Pena

Sahabat Pena !!. Apa itu Sahabat Pena ???, saat kita mendengar untuk pertama kalinya, mungkin kita akan berfikir. “Sahabat Pena itu pensil penghapus, ataupun penggaris”. Akan tetapi, Sahabat Pena disini merupakan suatu komunitas bagi siswa untuk mengembangkan bakatnya, khususnya bakat dibidang tulis menulis. Bakat tersebut yang mungkin bisa dikembangkan seperti  menulis puisi, novel, cerpen, artikel, karangan bebas dan bakat-bakat lain yang masih berkaitan dengan kegiatan tulis menulis.
Dibentuknya komunitas Sahabat Pena Az Zahra ini dimaksudkan agar semua bakat kreatifitas siswa Az Zahra khususnya dibidang tulis menulis tersebut dapat tertampung. Dan juga memungkinkan hasil-hasil kreatif tersebut bisa dipublikasikan kepada khalayak lain. Jadi untuk itu, komunita  Sahabat Pena ini bisa dijadikan suatu sarana atau media untuk mereka yang ingin mengembangkan bakat kreatif mereka, agar bakat-bakat mereka dapat dinikmati maka dibuatlah media komunikasi berupa mading dan bulletin dengan tujuan untuk menampung bakat-bakat kreatif. Selain itu misi komunitas Sahabat Pena adalah membentuk budaya tulis menulis dikalangan pelajar khususunya pelajar di lingkungan Az Zahra Sekuro.
Terbentuknya Sahabat Pena dilatarbelakangi keinginan dari para guru-guru SMK Az Zahra Mlonggo untuk mengembangkan budaya tulis menulis dilingkungan pelajar khususnya di SMK Az Zahra Mlonggo,  didukung penuh oleh bapak Drs. H. Abd. Choliq Anwar,
sebagai kepala SMK Az Zahra Mlonggo maka dengan tekad bulat para guru-guru tersebut, termasuk bapak Mulyadi, S.Th.I., mas Amin Syukron, Bang Joni dan yang lainnya serta bersama-sama siswa yang semisi dengan para guru-guru di atas membentuk komunitas Sahabat Pena.
Komunitas Sahabat Pena berdiri sejak tahun 2011 tepatnya 16 Oktober 2011. sebagai pelaksana kegiatan digawangi oleh para siswa SMK dan SMP Az Zahra, diantaranya ada Amin Syarifuddin (sebagai ketua umum Sahabat Pena), Hamzah, Edi Riswanto, Jefri, Farida Inayati, Septy, Elisa dan yang lainnya.
Sebagai sebuah komunitas, selain membuat media komunikasi Sahabat Pena juga memiliki berbagai kegiatan diantaranya rutinan mingguan yang disebut jagongan minggu, yang merupakan sarana komunikasi bagi para anggota Sahabat Pena yang bertujuan untuk mempererat tali silaturohim para anggota dan sebagai sarana tukar pengalaman maupun pengetahuan antara anggota komunitas baik dari para guru pendamping maupun para anggotanya.
Untuk rencana kedepannya, Sahabat Pena ingin terus membuat dan membentuk karakter generasi muda khususnya di lingkungan Az Zahra Sekuro untuk selalu sadar akan budaya tulis menulis. Dan sebagai langkahnya Sahabat Pena akan membuat karya-karya yang lebih baik dan lebih berkualitas untuk dinikmati orang banyak, amien………... (Kontributor: ASyif)

2 komentar: