Kamis, 02 Februari 2012

Makna Maulid Nabi


MAKNA MAULID NABI

Makna Maulid Nabi besar Muhammad Saw yang diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awwal itu mengenang hari lahirnya sang penuntun alam utusan Allah Swt. Nabi Muhammad Saw adalah nabi yang yang terang benderang, beliau di utus oleh Allah sebagai Nabi terakhir, dan mengembang tugas untuk menyebarkan atau menyampaikan wahyu Allah (Al-Qur’an) untuk di jadikan pedoman hidup bagi seluruh umat manusia di dunia.

Arti Maulid Nabi
Kata Maulid berasal dari bahasa Arab yang berarti lahir, peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw merupakan suatu tradisi yang berkembang setelah Nabi Saw wafat, dengan di peringatinya Maulid Nabi Saw ini yang merupakan suatu wujud ungkapan kegembiraan juga penghormatan kepada sang utusan Allah karena berkat jasa beliau ajaran agama islam sampai kepada kita.

Tujuan Peringatan Maulid Nabi
Tujuan diperingatinya Maulid Nabi Saw ini adalah untuk membangkitkan kecintaan kepada beliau (Nabi Muhammad Saw) yang mengenang jasa beliau menyampaikan ajaran islam kepada kita semua .
Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw dilaksakan atau diperingati sebagai bentuk mengenang atau mengingat kembali sejarah di utusnya Nabi Muhammad ke muka bumi ini yang mengembang visi dan misi bahwa Nabi Muhammad Saw di utus sebagai rohmatan lilalamin, selain itu juga untuk mengingat sejarah kehidupan beliau yang harus di teladani, mengingat suatu pribadi yang agung untuk di jadikan contoh oleh para umatnya.
Ketika mengenang peristiwa Maulid Nabi Muhammad Saw ini sebagai bentuk penyadaran atau mengingatkan kepada seluruh umat beliau atas nikmat keberlangsungan risalah kenabian yang memberi manfaat sangat besar bagi kaumnya.
Bagi umat islam memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw merupakan sarana untuk memperbaharui keyakinan terhadap kesaksian bahwa beliau Nabi Muhammad SAW di utus sebagai Rasul.
Dengan diperingatinya Maulid Nabi Muhammad SAW ini adalah bukan sekedar mengingat saja tetapi kita selaku umat beliau harus mencontoh dalam semua perbuatan dan berusaha melaksanakan sunnah-sunnah beliau, dan mempertahankan sunnah Rasull Muhammad SAW dari segala bentuk penyelewengan dan penyimpangan juga dari serangan mereka yang benci terhadap ajaran Nabi Muhammad SAW.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati atau dirayakan adalah sebagai bekal satu upaya untuk mengenang dan mengenal bahwa mencontoh keteladanan Nabi Muhammad baik di tinjau dari sisi individu kehidupannya yang sholeh maupun di tinjau dari sisi amanah yang di bawa oleh beliau yaitu ajaran agama sejarah mencatat bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan pemimpin yang besar dan luar biasa yang memberi sauri teladan bagi umatnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar