Minggu, 05 Februari 2012

Lebih Dekat Dengan SMP Az Zahra



 Az Zahra berdiri pada tahun 2005, tepatnya 3 bulan sebelum bulan Juli. Pada awalnya Az Zahra berbentuk badan hukum yaitu PBH Az Zahra. PBH Az Zahra didirikan oleh Keluarga Besar Idola. Setelah K.H. Choliq Ma’ruf pulang dari Makkah, akhirnya dibentuklah Pesantren Az Zahra. 

Az Zahra berawal dari nama Ibu atau Mbah dari Bapak Choliq, yaitu ibu Hj. Siti Zuhro yang artinya “bunga”.  Guna mengabadikan nama Ibu Hj. Siti Zuhro.

Dengan Rasyid dan Drs. H. Abdul  Choliq Anwar,  S.H sebagai penasihat. Kemudian Aunur Rohman, Drs. H. Sukarno,  Misbah, S.Ag  adalah kalangan dari mantu dan cucu. Berkat mereka, Az Zahra yang awalnya berbentuk pesantren maka Az Zahra berubah menjadi SMP Az Zahra. Dengan tujuan untuk mencerdaskan anak-anak bangsa,  dan supaya masyarakat desa sekitar Idola minimal bisa lulus SMP. Dan juga membantu masyarakat sekitar untuk sekolah.  Oleh karena itu, Az Zahra tidak memungut biaya uang gedung, guna meringankan biaya anak-anak sekolah.

Sedangkan untuk tanahnya, adalah wakaf dari anak-anak  almh Ibu Hj. Siti Zuhro sendiri.  Sedangkan untuk perluasan adalah tanah wakaf dari adiknya mbah Siti Zuhro, serta membeli dari saudara.
Kekurangan Az Zahra dari segi siswa kwantitasnya terlihat ada penurunan. Karena  masyarakat belum terbiasa dengan adanya sistem yang ditanamkan Az Zahra yaitu boarding school dan full day, akhirnya hal tersebut menjadi momok. Tetapi semua itu bertujuan agar anak-anak mempunyai bekal dibidang umum dan agama.
Diadakannya sistem bilingual agar siswa mempunyai bekal bahasa dan pnegetahuan bahasa asing, yaitu Arab dan Inggris. Dengan ini keluarga Besar Idola merasa program yang semakin tahun  semakin sempurna. Keluarga Besar Idola berharap siswa para siswa akan lebih baik untuk input dan outputnya. 

Sedangkan kekurangan Az Zahra secara fasilitas, adalah  belum lengkapnya gedung,  juga buku diperpustakaan yang semakin sedikit. Semua itu karena Az Zahra sendiri adalah swadaya dan swakarya, yang belum mendapat banyak bantuan dari pemerintah. 

Kelebihan Az Zahra, melihat sekolah SMP Negeri maupun swasta yang ada di Jepara belum banyak yang menanamkan Sistem full Day dan boarding School. Jadi Az Zahra mempunyai 3 keunggulan dari sekolah lain yaitu:  full day, yang mengutamakan sosial dan budaya. Boarding school, adanya penambahan takhasus. Bilingual, siswa belajar dan terbiasa berbahasa asing.

Alhamdulillah untuk prestasi yang diraih oleh SMP Az Zahra cukup memuaskan. Tidak terlalu sedikit juga tidak terlalu banyak. Adapun prestasi yang telah dicapai oleh SMP Az Zahra adalah juara 1 dan 2 dalam  Pramuka Lt II. Prestasi tersebut tegantung dari kegigihan para siswa dan kemauan para siswa untuk dibimbing. Karena  lomba berhubungan dengan dana, jadi dari pihak sekolah masih sering selektif dalam memilih lomba. Sedangkan prestasi Olimpiade, SMP Az Zahra masih sangat jauh ketinggalan dengan sekolah-sekolah lain yang disebabkan oleh minimnya dana. Tapi setiap tahun, 1 atau 2 SMP Az Zahra masih bisa mendapatkan prestasi, baik dibidang akademik  maupun non akademik.

Jumlah guru maupun karyawan SMP Az Zahra kurang lebih 30 orang. Masing-masing guru sudah disesuaikan dengan mapel dan rumpunnya, agar pendidikan bisa lebih maksimal. Untuk jumlah siswa SMP Az Zahra kurang lebih ada 205 murid. 

Harapan SMP  Az Zahra untuk kedepannya bisa menghasilkan lulusan yang sesuai dengan visi dan misi Az Zahra serta dapat  berkiprah dimasyarakat dan mengamalkan ilmu yang bermanfaat. SMP Az Zahra juga berharap para bapak dan ibu guru bisa lebih baik dalam mendidik, bertanggung jawab, disiplin dan mempunyai variasi dalam pembelajaran sehingga para siswa tidak bosan saat kegiatan belajar mengajar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar