Minggu, 05 Februari 2012

SMK AZ ZAHRA DENGAN EMPAT TUJUAN


SMK Az Zahra merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang berbasis IT  (Ilmu Teknologi).  Namun lebih terfokus pada bidang Multimedia. Pada awalnya, SMK Az Zahra Mlonggo dibentuk karena berbagai sebab, diantaranya sebagai tindak lanjut dari Visi dan Misi Yayasan Az Zahra Sekuro untuk mengabdi pada masyarakat lewat Lembaga Pendidikan. Selain itu, usut punya usut lembaga ini berdiri karena adanya dorongan dari Sekolah Menengah Pertama (SMPAz Zahra) yang telah berhasil didirikan terlebih dahulu, akan meluluskan siswa/i angkatan pertamanya pada tahun 2008.
Tahap selanjutnya,  arsitektur SMK diatur oleh keluarga besar Almh ibu Hj Siti Zuhro, tak luput berkat bantuan ide-ide cemarlang Bapak atau Ibu Guru contohnya Bapak Muzayyin,  Bapak Unung dan lain-lain.  Untuk masalah keuangan diperoleh dari dermawan-dermawati yang namanya tidak dapat disebutkan satu persatu, dan salah satunya yaitu Bapak H Muhlisin sebagai donatur utama.
                Atas  kehendak dan ridlo Allah SWT, SMK Az Zahra dapat berdiri tegak.  Dengan dilengkapi Sarana dan Prasarana  yang cukup memadai,  diantaranya ruang kelas yang kondusif,  lingkungan yang asri, perpustakaan, kantin,  perlengkapan olahraga,  dan juga Lab Komputer yang menjadi kelas VIP bagi siswa/i  Multimedia, dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Ekstrakurikuler

Sebagai wadah untuk mengembangkan bakat dan minat para pencari ilmu di SMK Az Zahra, ada berbagai macam ekstrakurikuler,  yang dibedakan menjadi  dua yaitu ekstra wajib dan pilihan. Club Multimedia yang dibagi lagi menjadi empat kelompok yaitu : fotografi, Teknik Komputer jaringan,  Animasi, dan Design Grafis  merupakan ekstra yang wajib diikuti oleh peserta didik SMK Az Zahra. Dan yang lainnya seperti Pramuka,  Komunitas Sahabat Pena,  Kaligrafi,  Futsal,  Rebana,  Tata boga menjadi ekstra pilihan.

PRESTASI

Berkat  bimbingan dari bapak/ibu guru serta kesungguhan dari peserta didik SMK Az Zahra, prestasi Akademik maupun non akademik yang pernah dicapai, sejauh ini cukup membanggakan . Meskipun kebanyakan masih ditingkat Kabupaten ,  diantaranya :

ü  Juara II putri Lomba Gerak jalan 12 Km se-Kabupaten Jepara tahun 2008
ü  Juara III Tanis Meja  se-Kabupaten Jepara 2008
ü  Juara II Kemah Kabangsaan dan Out Bond Bela Negara se-Kabupaten Jepara 2010
ü  Juara l Lomba Iptek Nuklir se-Kabupaten Jepara 2010
ü  Juara lll Lomba bola voly putra 2010
ü  Juara lll Lomba bola voli putri 2010
ü  Juara l Lomba tartil putri se-Kecamatan Mlonggo 2010
ü  Juara lll tartil putra se-Kecamatan Mlonggo 2010
ü  Juara ll SMI cup pencak silat  se-Kabupaten jepara 2011
ü  Juara web design se-Kabupaten jepara 2011
ü  Juara ll Lomba out bon SLA se-Kabupaten jepara 2011
ü  Juara ll  menaksir lebar putri survivel se-Kabupaten jepara 2011
ü  Juara I kemah Outbond dan Bela Negara se-kabupaten Jepara dan mewakili  Jepara ditingkat provinsi.

Selain prestasi  non akademik,  ada beberapa prestasi yang mengacu pada kejuruan.  Sebelumnya mereka telah dilatih secara intensif  kemampuan dan kretivitasnya hingga dapat  memproduksi karya seni yang bersifat IT. Dan sementara ini sudah ada campany profil, koleksi fotografi, film animasi, lukis kaca, kerajinan dari barang bekas , dan yang terbaru adalah animasi  stopmotion. Tapi jangan sampai puas  dengan semua itu, sesuai dengan semboyan orang Jepara “Trus Karya Tataning Jeporo”

Harapan

“Belajar untuk bisa menerapkan tujuan utama Az  Zahra yaitu Akhlaq,  Ilmu,  Amal atau praktek, dan An-Nadzafah.  Karena ke empat nilai-nilai tersebut sangat sesuai dengan tujuan SMK ”tutur Bapak Hasan Khoironi,S.H.I. Berawal dari Ahlaqulkarimah,  yang menjadi modal utama bagi pribadi remaja Az Zahra.  Dengan akhlaq yang mulia mereka akan lebih mudah menyerap ilmu yang diberikan oleh ustadz-ustdzah Az Zahra.  Setelah mereka dibekali dengan ilmu agama maupun umum,  mereka dituntut untuk mengamalkan  ilmu yang telah mereka dapatkan. Apalah artinya ilmu (yang sudah seperti kebutuhan sehari-hari),  tanpa adanya pengamalan.  Sesuai dengan prinsip SMK yang lebih banyak ke Praktek dari pada teori.  Kebersihan hati,  fikiran,  tempat dll, akan menjadi pelengkapnya. Maka hampir sempurnalah sudah hidup mereka. “Namun saat ini persentasenya masih naik turun artinya, banyak yang masih perlu dibenahi dan ditingkatkan agar dapat menyempurnakan empat pilar-pilar utama SMK Az Zahra , terutama pada tujuan Akhlaqulkarimah-nya  lanjut beliau.
Begitu besar harapan para tokoh Az Zahra pada kita,  sebagai orang yang hanya bisa menikmati Mahakarya beliau  kita harus bisa mewujudkan apa yang menjadi tujuan mereka membangun lembaga pendidikan SMK Az Zahra,  atau paling tidak kita menjagalah dan menaati apa yang sudah menjadi ketentuannya.
Mari kita bersama-sama membuktikan bahwa  SMK......BISA....................

2 komentar: