Sabtu, 04 Februari 2012

RIZQI BAR”OWAH”


RIZQI BAR”OWAH”

Perkenalkan namaku Ismi, Ismi namaku (ini bukan tebak-tebakan bahsa Arab lhoh,...) maksudnya Ismi tuch namaku. Gitu aja repot..........Biasa dipanggil  is..is.. mi...mi..... hey...hey.....woy...woy.... terserah deh yang penting nggak  mi ayam , mi goreng, telor,kriting..... hallllaaahhh...!!!emangnya jualan mie.....pemilik senyum ramah lingkungan he3, cukup deh perkenalennya. Ohh iya aKU tinggal di REPUBLIK KEDUNGLEPER CITY.... huhuhuhuh.
Hari ini gue semangat banget.
Kenapa...eh kenapa,,.....?????

Ini, hari pertamaKU masuk kuliah uhuuuuyyy.... Baju, Tas,Buku,Perlengkapan pribadi udah aku siapin dari pagi-pagi buta. Tinggal mandi,dandan yang cucok,minta Do’a restu,uang daftar ulang + jajan (hehehe) and let’s go..
Eiiitttt.... tapi sebelumnya mandi dulu.
Byurr...byur...byur......., suara percikan air yangku  hempaskan ke tubuh ini ,hingga rontok tu burket-burket  yang semalam nangkring di jasadku(lirihku dalam hati).
Habis mandi 

Ternyata  aku  lupa buat kunci kamar. Keponakan-keponakanku  udah nlonyor aja masuk kamarku, tanpa basa-basi radio kesayangan yang selalu menemaniku ketika BT, langsung dinyalain ,huft.. mana keras lagi.

Diiringi ALAMAT PALSUNYA ,”Ayu Tingting”, kancil-kancil tu pada goyang kaya cacing kepanasan hehehe...Pokoknya goyang-gayungnya Oji si anak emak bakal kalah HotRod dech...!! pa lagi, cicilalangnya Si Sule.. emm  pasti kalah level ..!! huft.....Aku hanya bisa tertawa, mengurut dada sambil berdali “AKHIR ZAMAN.....”

Baju udah rapi,uang saku  juga udah... Do’a restu emak juga udah terucap.... and  i’m ready for tholabul Ilmi hahaha.....

Dari rumah gue dianter sam a abang, naik motor Alfa tuanya. Sampe di terminal  Jepara aku  naik bis ampe Semarang.

Nyanpe disana aku clingak-clinguk bingung mau naik apa???!!??.Mana jarak dari terminal ke kampus IAIN masih jauh lagi.....huhuh.

Sudah hampir satu jam aku ngetime ditepi jalan. Tiba-tiba ada taxi yang menghampiri kesendirianku.Lantas  aku naik aja karena teringat kata-kata emak ‘Kalau ada RiZQi janganlah kamu tolak”.

Perjalanan kali ini enjoy banget, sribit-sribit AB (alias Angin Brobos) semilir dari jendela. Kaki dinaikkan ,kepala disandarkan sambil geleng-geleng  uhuyy.... sempet beberapa kali jok mobil gue pencet-pencet abisnya empuk banget  ooiii.....

Gak terasa sudah hampir sampai didepan kampus,tp (degg...) tiba-tiba aku  curiga ama angka yang terus bertambah yang nongkrong di samping stir kemudi. Settt.......dah ternyata kecurigaanku benar,Angka itu ternyata spedometer (alat yang digunakan untuk ngasih harga , tergantung jarak tempuh) . Sampai di kampus speedometer menunjukan angka 45.000 langsung aja ku  sambar dompet  disaku belakang . Dan Ohh tidak... uangku  tinggal 50.000 selebihnya menthog  buat biaya daftar ulang ,,huft.

Kini uang ku tinggal 1000 rupe.Aku terdiam sejenek memandang uang kembalian.”Gimana ya..? ea, uadah kalo emang jadi takdirku, yang penting sampai dirumah dengan selamat,entah gimana caranya entar”   kataku  dalam hati, sambil mencoba menyemangati diriku smdiri. Tapi sumpah Tobat dehhhh....TubatanNasuha...gak lagi-lagi deh makk......mendingan naik bajaj aja deh meskipun suaranya tak semerdu suaraku

Sampai didalam kampus aku langsung menuju kantor pembayaran daftar ulang, setelah ku terima kwitansi dari pak bendahara, aku pergi ke kos-kosan yang sebelumnya telah di pesanortuku. Tapi aku bingung,?? Dengan uang seribu gue bisa naik apa??

Setelah ”sekian lama aku menunggu...’ RIDHO ROMA (ngarep.. weakk) eh, salah maksudnya transportasi akhirnya aku disamperin tukang ojek.

“kemana neng..?”

“kekos-kosan bu Ida bang..” kataku. “berapa nih bang..” sambarku  lagi tanpa ragu. “ah nggak mahal ,40.000 neng” dengan tegas si Ojek menjawab “jah, itu mah mahal atu bang ,... 20.0000 deh gue naik”  gue mencoba menawar ,padahal Cuma punya uang 1.000 (sstttt...... pelan-pelan).  

Si tukang ojek mulai berfikir-fikir“emm.....belum boleh atu neng... tambah 5000 deh”mau nggak? Ini udah harga paling mentok neng” sahut si Ojek sambil menaikan harga pasaran. “ok deh bang aku naik,...” jawabku sambil berharap semoga si Ria uadah nyampe di kos-kosan bu Ida .Dan berrrmmmberm....... Tukang ojek mengegas motor supranya

Nyampe dikos-kosan gue bilang sama  bang ojek  “ntar dulu ya bang, tak ambil uang , soalnya dompetku ditas paling bawah” tipu gue sama p’ ojek dan dia percaya aja,... hahaha .”iya, cepet ya neng ”jawabnya sambil genit-genit gituu... hiiihh..
“Akhirnya lhu datang juga mi, gue kawatir ma lhu, kemana aja sih??” sambut si geny dengan nada H2C(Harap-Harap Cemas). “udah.... ntar aja  ceritanya  , sekarang aku pinjem uang dulu..” sambarku sambil terengah-engah “iyee2 berapa??” . “lima puluh ribu deh” jawab ku sambil terburu-buru “iya,nih uangnya ”
Setelah aku bayar tu si tukang ojek, kemudian aku cerita semuanya pada si Ria.  kronologis . asin-asin manis di perjalananku. Untung aja soulmateku baik hati  mau minjemin uangnya ke aku.Gimana coba kalau diaorangnya pelit,dekil,bakhil,semuuuaanya yang bikin i’ll fill.”achh nggak bisa pulang deh diriku...”
Dari kejadian ini ,hikmah yang dapat gue ambil adalah “tidak semua rizqi itu barokah ada juga yang bar’owah’ hehehe” bukannya abis dapat untung malah buntung.Kalau udah gini ,harus bicara ‘Menurut Amal Perbuatan Masing-masing”. Huhuhu.
INI CERITA GUE MANA CERITA LO,,,????

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar